Rumah Keluarga Indonesia

Kenali Penyebab Kegemukan

Kenali Penyebab Kegemukan

Kenali Penyebab Kegemukan
August 17
16:44 2013

 

muslim makanMungkin asalnya kita menganggap enteng terhadap kegemukan ini. Merasa sudah turun-temurun tidak pernah gemuk. Tapi coba perhatikan sebab-sebab yang mungkin bisa memicu kegemukan badan. 

1. Kurang Tidur

Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan yang memicu terjadinya peningkatan berat badan.

2. Polusi

Racun dari lingkungan seperti polusi dapat mengganggu aktivitas hormon yang memengaruhi pertumbuhan, sehingga dapat menyebabkan kegemukan.

3. Pemanas dan Pendingin Ruangan

Hidup kita dihabiskan di dalam lingkungan yang suhunya dapat diatur. Artinya, kita hanya membakar sedikit kalori untuk mengatur suhu tubuh.

4. Pola Makan Berlebihan

Orang yang kegemukan lebih responsif dibanding dengan orang berberat badan normalterhadap isyarat lapar eksternal, seperti rasa dan bau makanan, atau saatnya waktumakan. Orang yang gemuk cenderung makan bila ia merasa ingin makan, bukan makan pada saat ia lapar. Pola makan berlebih inilah yang menyebabkan mereka sulit untuk keluar dari kegemukan jika sang individu tidak memiliki kontrol diri dan motivasi yangkuat untuk mengurangi berat badan.

5. Efek Samping Obat

Semua jenis obat yang biasa dikonsumsi seperti obat antidepresi, kontrasepsi, tekanan darah tinggi, dan diabetes dalam beberapa kasus dapat menyebabkan peningkatan berat badan yang sangat drastis.

6. Hamil Pada Usia Tua

Ibu yang hamil di usia tua, lebih cenderung untuk memiliki anak dengan kelebihan berat badan atau obesitas dibandingkan dengan ibu yang hamil di usia muda.

7. Perubahan Lingkungan Sosial

Seiring dengan pergeseran lingkungan sosial dan gaya hidup, kelompok dengan risiko tinggi terkena obesitas pun meningkat.

8. Pasangan dengan Tipe Badan yang Sama

Pasangan yang memiliki tipe tubuh mirip dengan pasangannya, yaitu sama-sama gemuk, berisiko menurunkan gen keturunan yang menyebabkan kegemukan / obesitas pada anaknya.

9. Faktor Genetik

Kegemukan / Obesitas yang disebabkan oleh lingkungan pada generasi sebelumnya dapat tertanam di dalam gen generasi tersebut yang dapat diwariskan kepada generasi sesudahnya.

10. Faktor Kesuburan

Wanita yang badannya berisi lebih subur daripada wanita yang badannya kurus. Artinya, keturunan mereka mempunyai kemungkinan lebih besar untuk mewarisi gen yang menyebabkan kegemukan atau obesitas.

11.Pengaruh Emosional

Sebuah pandangan populer adalah bahwa obesitas bermula dari masalah emosional yangtidak teratasi. Orang-orang gemuk haus akan cinta kasih, seperti anak-anak makanandianggap sebagai simbol kasih sayang ibu, atau kelebihan makan adalah sebagai subtitusi untuk pengganti kepuasan lain yang tidak tercapai dalam kehidupannya. Orang gemuk seringkali mengatakan bahwa mereka cenderung makan lebih banyak apa bila mereka tegang atau cemas.

12. Kurang gerak atau olah raga

Tingkat pengeluaran energi tubuh sangat peka terhadap pengendalian berat tubuh. Pada saat berolahraga kalori terbakar, makin banyak berolahraga maka semakin banyak kalori yang hilang. Kalori secara tidak langsungmempengaruhi sistem metabolisme basal. Orang yang duduk bekerja seharian akan mengalami penurun metabolisme basal tubuhnya. Kekurangan aktivitas gerak akan menyebabkan suatu siklus yang hebat, kegemukan membuat kegiatan olah raga menjadisangat sulit dan kurang dapat dinikmati dan kurangnya olah raga secara tidak langsungakan mempengaruhi turunnya metabolisme basal tubuh orang tersebut. Jadi olah ragasangat penting dalam penurunan berat badan tidak saja karena dapat membakar kalori,melainkan juga karena dapat membantu mengatur berfungsinya metabolis normal. [diettea]

 

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Your email address will not be published.
Required fields are marked *