Rumah Keluarga Indonesia

 Breaking News
  • 5 Adab Murid terhadap Guru Di antara adab-adab yang telah disepakati para ulama’ dalam menuntut ilmu adalah adab murid kepada gurunya. Imam Ibnu Hazm berkata: “Para ulama bersepakat, wajibnya memuliakan ahli al-Qur’an, ahli Islam dan...
  • Betapa Mulianya Kedudukan Guru dalam Islam Menurut al-Ghazali pendidik merupakan maslikhul kabir. Bahkan dapat dikatakan pada satu sisi, pendidik mempunyai jasa lebih dibandingkan kedua orang tuanya....
  • Guru, Orang Tua Kedua bagi Murid Anda seorang guru? Jangan berkecil hati. Profesi guru sangat mulia....
  • Ini Dia Pengorbanan Seorang Guru Selain ibu kandung kita, sosok ibu yang berarti dan begitu berjasa dalam hidup kita adalah guru....
  • Belanja Hemat, Begini Caranya aman harga BBM naik seperti bisa menguras habis pemasukan sebelum waktunya. Maklum, walaupun naiknya hanya Rp2000,00, tapi semua harga kebutuhan dapur naik pula. Kita tentu harus memutar otak untuk mengatasinya....

Ketika Anak Sakit Perut

November 27
18:55 2013

anak

Anak anak rentan sekali terkena penyakit. Hal ini di karenakan anak anak memiliki daya tahan tubuh yang masih lemah sehingga kuman atau virus bakteri mudah menghinggapi daya tahan tubuh anak dengan mudah sehingga anak akan mudah sakit.

Salah satu penyakit yang sering terjadi pada anak anak yaitu sakit perut yang mana sakit perut ini terjadi karena adanya suatu bakteri atau virus yang masuk melalui makanan. Untuk itu, bagi orangtua haruslah selalu memperhatikan jajanan mereka jangan sampai mereka memakan sembarang makanan yang pada akhirnya menyebabkan anak anda sakit.

Ketika anak mengeluhkan sakit perut, sulit bagi para orangtua untuk dapat mengetahui sumber utama dari gangguan pencernaan yang di alami oleh anak. Untuk menentukan penyebab sakit perut pada anak, sebagai orangtua kita harus fokus pada setiap perubahan perilaku anak.

Hal yang perlu di perhatikan oleh orangtua saat anak mengeluhkan sakit perut adalah indikasi rasa sakit tersebut, misalnya apakah sakit tersebut mempengaruhi kegiatan anak saat bermain atau tidak. Selain itu jika sakit perut tersebut mengganggu tidur anak atau timbul gejala lain seperti muntah, mual, diare, penurunan berat badan, adanya darah dalam tinja maka kita sebagai orangtua harus segera memeriksakan keadaan anak untuk mengetahui penyakit nya lebih lanjut.
Jenis Jenis Penyakit Perut Pada Anak

Sembelit
Gangguan pencernaan yang menyebabkan kesulitan buang air besar ini juga dapat mempengaruhi bayi dan anak-anak. Tinja yang menumpuk di usus besar, dapat menyebabkan rasa tidak nyaman atau nyeri pada perut.

Diare

Diare adalah penyakit perut yang sering terjadi pada anak anak meskipun bukan termasuk salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Dalam kondisi ini anak akan mengelurkan tinja berair dan frekuensi buang air besar yang meningkat, dengan kata lain anak dapat pergi ke toilet 5 sampai 10 dalam sehari bahkan lebih. Diare dan infeksi virus dapat menyebabkan sakit perut yang menyebabkan buang air besar keseringan. Diare akan menyebabkan dehidrasi.
Intoleransi atau alergi makanan

Jika anak Anda sering mengalami perut kembung, kram, buang-buang gas, atau diare dalam waktu dua jam setelah makan jenis makanan tertentu, dirinya mungkin memiliki intoleransi makanan, yaitu ketidakmampuan untuk mencerna komponen makanan tertentu.

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Kondisi ini menyebabkan sebagian isi perut kembali naik ke kerongkongan dan mulut, biasanya disebabkan karena katup antara kerongkongan dan perut membuka dan menutup pada waktu yang salah. Gejalanya seperti muntah atau yang disebut gumoh pada bayi, yang istilah medisnya refluks asam.

Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Jika anak mengalami sakit perut, kembung, perubahan dalam penampilan feses, dan serangan diare dan sembelit yang bergantian, mungkin disebabkan oleh IBS. Sulit untuk mendiagnosa IBS pada anak-anak di bawah usia 5 tahun, karena anak belum mampu menggambarkan ketidaknyamanan pada perutnya dengan jelas. [obat step anak]

Share

About Author

adminrki

adminrki

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Leave a Reply